![]() |
Kisi-Kisi PKn SD/MI 2018 |
KISI-KISI
SOAL UJIAN SEKOLAH SD/MI
TAHUN
PELAJARAN
2017/2018
MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN (PKn)
NO
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
KEMAMPUAN YANG DIUKUR
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
1.
|
Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan.
|
Meningkatkan
rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
|
Peserta didik dapat menentukan arti
pentingnya persatuan dan kesatuan bagi pembangunan bangsa.
|
1
|
Peserta didik dapat menentukan makna dari Bhineka Tunggal Ika.
|
2
|
|||
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat
menentukan contoh perilaku menjaga
persatuan dan kesatuan bangsa.
|
3
|
|||
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menyebutkan
dua contoh perilaku menghormati keragaman budaya
daerah.
|
41
|
|||
Menghormati
perbedaan dalam kehidupan beragama.
|
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan contoh sikap toleransi
dalam beragama.
|
4
|
||
Disajikan urutan, peserta didik dapat menentukan dua
contoh perilaku menghargai orang lain dalam
pergaulan di sekolah.
|
5
|
|||
2.
|
Memahami
dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
|
Menerapkan
hidup rukun di rumah dan di sekolah.
|
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan contoh
perilaku hidup rukun di rumah.
|
6
|
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat
menentukan contoh perilaku hidup rukun di sekolah.
|
7
|
|||
3.
|
Memahami
kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolah.
|
Melaksanakan
kewajiban sebagai anggota keluarga.
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu kewajiban
anak di rumah.
|
8
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu contoh
perilaku disiplin di rumah.
|
9
|
|||
Melaksanakan
kewajiban sebagai siswa di lingkungan sekolah.
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu kewajiban
siswa di sekolah.
|
10
|
||
Peserta didik dapat menentukan salah satu contoh
perilaku menaati tata
tertib di lingkungan sekolah.
|
11
|
|||
4.
|
Memahami
hidup tertib dan gotong royong.
|
Mentaati
peraturan yang berlaku di masyarakat.
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu tujuan
dibentuknya peraturan di masyarakat.
|
12
|
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan sanksi
yang diterima, jika melanggar salah satu norma yang berlaku di
masyarakat.
|
13
|
|||
Membiasakan
hidup bekerjasama.
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu manfaat
kerjasama.
|
14
|
||
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menyebutkan
dua contoh hidup gotong royong di sekolah.
|
42
|
|||
5.
|
Menampilkan
sikap cinta lingkungan dan demokratis.
|
Memiliki
sikap cinta terhadap lingkungan.
|
Disajikan urutan, peserta didik dapat menentukan dua
contoh perilaku menjaga
kelestarian
lingkungan.
|
15
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu contoh akibat
tidak menjaga kelestarian
lingkungan.
|
16
|
|||
Menerapkan
sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu sikap demokratis
dalam kegiatan musyawarah di
masyarakat.
|
17
|
||
6.
|
Menampilkan
perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, serta anti korupsi dalam kehidupan
sehari-hari, sesuai dengan Pancasila.
|
Menerapkan
sikap jujur, disiplin, senang bekerja, serta anti korupsi dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu manfaat
berperilaku jujur dalam
kehidupan sehari-hari.
|
18
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu contoh
perilaku bekerja keras sebagai pelajar.
|
19
|
|||
Disajikan beberapa contoh perilaku, peserta didik
dapat menentukan dua contoh perilaku
disiplin di rumah.
|
20
|
|||
Disajikan urutan, peserta didik dapat menentukan dua
contoh akibat dari perbuatan korupsi.
|
43
|
|||
7.
|
Memahami
sistem pemerintahan baik dalam tingkat daerah maupun pusat.
|
Memahami sistem pemerintahan
daerah.
|
Disajikan bagan sistem pemerintah di desa, peserta
didik dapat melengkapinya.
|
21
|
Peserta didik dapat menentukan penyelenggara pemerintahan
di tingkat daerah.
|
22
|
|||
Memahami
tugas pemerintah daerah.
|
Disajikan daftar urutan, peserta didik dapat
menentukan secara tepat tugas DPRD.
|
23
|
||
Peserta didik dapat menentukan salah satu tugas
penegak hukum di daerah.
|
24
|
|||
Menjelaskan
cara pemilihan daerah.
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu persyaratan sebagai pemilih dalam pemilukada.
|
25
|
||
Disajikan ilustrasi tugas
panitia penyelenggara pemilukada, peserta didik dapat menentukan nama
penyelenggara tersebut.
|
26
|
|||
Memahami
sistem pemerintahan pusat.
|
Disajikan tugas dan wewenang lembaga negara, peserta
didik dapat menentukan nama lembaga negara tersebut.
|
27
|
||
Mengenal
organisasi pemerintahan pusat.
|
Disajikan urutan, peserta didik dapat menentukan tugas
lembaga legislatif dalam penyelenggaraan negara.
|
28
|
||
Menerapkan
demokrasi dalam kehidupan.
|
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan dua
asas pemilihan umum yang sesuai.
|
44
|
||
8
|
Memahami
makna keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia, dengan kepatuhan terhadap
undang-undang, peraturan, kebiasaan, adat-istiadat, dan menghargai keputusan
bersama
|
Menjelaskan
makna keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu contoh
perilaku rela berkorban demi kepentingan negara.
|
29
|
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan hasil
dari pelaksanaan Konggres pemuda II.
|
30
|
|||
Memahami
Peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia
|
Peserta didik dapat menentukan tata urutan
perundang-undangan di Indonesia.
|
31
|
||
Mengenal
nilai-nilai budaya bangsa Indonesia
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu nilai
luhur keberagaman budaya
bangsa yang harus dipertahankan dalam
keberagaman.
|
32
|
||
9.
|
Memahami
dan menghargai nilai-nilai kejuangan bangsa
|
Memahami
nilai-nilai kebersamaan dalam proses perumusan dasar negara
|
Disajikan daftar urutan rumusan dasar negara, peserta
didik dapat menentukan gambar tokoh yang mengusulkannya.
|
33
|
Peserta didik dapat menentukan hasil rumusan
dasar negara oleh Panitia Sembilan.
|
34
|
|||
10.
|
Memahami
hubungan Indonesia dengan Negara tetangga dan politik luar negeri.
|
Memahami
hubungan Indonesia dengan negara tetangga.
|
Disajikan urutan, peserta didik dapat menentukan prinsip-prinsip
kerjasama ASEAN.
|
35
|
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan
jenis kerjasama antar bangsa.
|
36
|
|||
Peserta didik dapat menentukan salah satu kerjasama
di bidang sosial dengan negara-negara tetangga.
|
37
|
|||
Menjelaskan
politik luar negeri Indonesia.
|
Peserta didik dapat menentukan pengertian dari pelaksanaan
politik luar negeri Indonesia.
|
38
|
||
Disajikan urutan gambar, peserta didik dapat menentukan nama tokoh pemrakarsa Gerakan Non Blok dan negara asalnya.
|
45
|
|||
Peserta didik dapat menentukan contoh peranan
politik luar negeri Indonesia di PBB.
|
39
|
|||
Peserta didik dapat menentukan salah satu peranan PBB dalam perjuangan
bangsa Indonesia.
|
40
|
ConversionConversion EmoticonEmoticon