KISI-KISI UJIAN SEKOLAH PKn SD/MI 2017/2018

Kisi-Kisi PKn SD/MI 2018
Kisi-Kisi PKn SD/MI 2018

KISI-KISI  SOAL UJIAN SEKOLAH SD/MI
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA PELAJARAN  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)

NO
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
KEMAMPUAN YANG DIUKUR
INDIKATOR
NO. SOAL
1.

Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
Peserta didik dapat menentukan arti pentingnya persatuan dan kesatuan bagi pembangunan bangsa.
1
Peserta didik dapat menentukan makna dari Bhineka Tunggal Ika.
2
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
3
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menyebutkan dua contoh perilaku menghormati keragaman budaya daerah.
41
Menghormati perbedaan dalam kehidupan beragama.
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan contoh sikap toleransi dalam beragama.
4
Disajikan urutan, peserta didik dapat menentukan dua contoh perilaku menghargai orang lain dalam pergaulan di sekolah.
5
2.
Memahami dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku hidup rukun di rumah.
6
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku hidup rukun di sekolah.
7
3.
Memahami kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolah.
Melaksanakan kewajiban sebagai anggota keluarga.
Peserta didik dapat menentukan salah satu kewajiban anak di rumah.
8
Peserta didik dapat menentukan salah satu contoh perilaku disiplin di rumah.
9
Melaksanakan kewajiban sebagai siswa di lingkungan sekolah.
Peserta didik dapat menentukan salah satu kewajiban siswa di sekolah.
10
Peserta didik dapat menentukan salah satu contoh perilaku menaati tata tertib di lingkungan sekolah.
11
4.
Memahami hidup tertib dan gotong royong.
Mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat.
Peserta didik dapat menentukan salah satu tujuan dibentuknya peraturan di masyarakat.
12
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan sanksi yang diterima, jika melanggar salah satu norma yang berlaku di masyarakat.
13
Membiasakan hidup bekerjasama.
Peserta didik dapat menentukan salah satu manfaat kerjasama.
14
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menyebutkan dua contoh hidup gotong royong di sekolah.
42
5.

Menampilkan sikap cinta lingkungan dan demokratis.
Memiliki sikap cinta terhadap lingkungan.
Disajikan urutan, peserta didik dapat menentukan dua contoh perilaku menjaga kelestarian lingkungan.
15
Peserta didik dapat menentukan salah satu contoh akibat tidak menjaga kelestarian lingkungan.
16
Menerapkan sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
Peserta didik dapat menentukan salah satu sikap demokratis dalam kegiatan musyawarah di masyarakat.
17
6.
Menampilkan perilaku jujur, disiplin, senang bekerja, serta anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan Pancasila.
Menerapkan sikap jujur, disiplin, senang bekerja, serta anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari.
Peserta didik dapat menentukan salah satu manfaat berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
18
Peserta didik dapat menentukan salah satu contoh perilaku bekerja keras sebagai pelajar.
19
Disajikan beberapa contoh perilaku, peserta didik dapat menentukan dua contoh perilaku disiplin di rumah.
20
Disajikan urutan, peserta didik dapat menentukan dua contoh akibat dari perbuatan korupsi.
43
7.
Memahami sistem pemerintahan baik dalam tingkat daerah maupun pusat.
Memahami sistem pemerintahan daerah.
Disajikan bagan sistem pemerintah di desa, peserta didik dapat melengkapinya.
21
Peserta didik dapat menentukan penyelenggara pemerintahan di tingkat daerah.
22
Memahami tugas pemerintah daerah.
Disajikan daftar urutan, peserta didik dapat menentukan secara tepat tugas DPRD.
23
Peserta didik dapat menentukan salah satu tugas penegak hukum di daerah.
24
Menjelaskan cara pemilihan daerah.
Peserta didik dapat menentukan salah satu persyaratan sebagai pemilih dalam pemilukada.
25
Disajikan ilustrasi tugas panitia penyelenggara pemilukada, peserta didik dapat menentukan nama penyelenggara tersebut.
26
Memahami sistem pemerintahan pusat.
Disajikan tugas dan wewenang lembaga negara, peserta didik dapat menentukan nama lembaga negara tersebut.
27
Mengenal organisasi pemerintahan pusat.
Disajikan urutan, peserta didik dapat menentukan tugas lembaga legislatif dalam penyelenggaraan negara.
28
Menerapkan demokrasi dalam kehidupan.
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan dua asas pemilihan umum yang sesuai.
44
8

Memahami makna keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia, dengan kepatuhan terhadap undang-undang, peraturan, kebiasaan, adat-istiadat, dan menghargai keputusan bersama
Menjelaskan makna keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Peserta didik dapat menentukan salah satu contoh perilaku rela berkorban demi kepentingan negara.
29
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan hasil dari pelaksanaan Konggres pemuda II.
30
Memahami Peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia
Peserta didik dapat menentukan tata urutan perundang-undangan di Indonesia.
31
Mengenal nilai-nilai budaya bangsa Indonesia
Peserta didik dapat menentukan salah satu nilai luhur keberagaman budaya bangsa yang harus dipertahankan dalam keberagaman.
32
9.
Memahami dan menghargai nilai-nilai kejuangan bangsa
Memahami nilai-nilai kebersamaan dalam proses perumusan dasar negara
Disajikan daftar urutan rumusan dasar negara, peserta didik dapat menentukan gambar tokoh yang mengusulkannya.
33
Peserta didik dapat menentukan hasil rumusan dasar negara oleh Panitia Sembilan.
34
10.
Memahami hubungan Indonesia dengan Negara tetangga dan politik luar negeri.
Memahami hubungan Indonesia dengan negara tetangga.
Disajikan urutan, peserta didik dapat menentukan prinsip-prinsip kerjasama ASEAN.
35
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan jenis kerjasama antar bangsa.
36
Peserta didik dapat menentukan salah satu kerjasama di bidang sosial dengan negara-negara tetangga.
37
Menjelaskan politik luar negeri Indonesia.
Peserta didik dapat menentukan pengertian dari pelaksanaan politik luar negeri Indonesia.
38
Disajikan urutan gambar, peserta didik dapat menentukan nama tokoh pemrakarsa Gerakan Non Blok dan negara asalnya.
45
Peserta didik dapat menentukan contoh peranan politik luar negeri Indonesia di PBB.
39
Peserta didik dapat menentukan salah satu peranan PBB dalam perjuangan bangsa Indonesia.
40

Previous
Next Post »

ConversionConversion EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng