KISI-KISI UJIAN SEKOLAH SD/MITAHUN PELAJARAN 20017/2018MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
|
KEMAMPUAN
YANG DIUKUR
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
1
|
Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman
suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
|
Membaca peta lingkungan setempat
(Kabupaten/Kota/Provinsi) dengan menggunakan symbol
|
Disajikan beberapa legenda dalam peta peserta didk
dapat menentukan salah satu simbol gunung, jalan kereta api, atau batas
provinsi.
|
1
|
Mengenal keragaman sosial budaya
(Kabupaten/Kota/Provinsi)
|
Disajikan beberapa pernyataan terbuka berupa
ciri-ciri budaya/adat istiadat/ pakaian/ nama lagu daerah, peserta didik
dapat menyebutkan daerah asalnya.
|
2
|
||
2
|
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan
kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
|
Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan
sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
|
Disajikan beberapa pilihan hasil sumber daya alam
yang memiliki nilai ekspor tinggi, peserta didik dapat menyebutkan jenis
sumber daya alam tersebut
|
3
|
Disajikan tabel hasil sisa pengolahan minyak bumi,
peserta didik dapat menyebutkan salah satu bentuk hasil olahan minyak bumi
tersebut.
|
4
|
|||
Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan
transportasi serta pengalaman penggunaannya
|
Disajikan gambar jenis produksi masa lalu dan
teknologi modern, peserta didik dapat menyebutkan keunggulan salah satu
teknologi tersebut.
|
5
|
||
Mengenal berbagai masalah sosial di daerahnya
|
Disajikan pernyataan tentang masalah sosial,
peserta didik dapat menyebutkan dua dampak dari kemiskinan.
|
U1
|
||
3
|
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah
nasional, keragaman suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
|
Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah
berskala nasional Hindu, Budha, Islam di Indonesia
|
Disajikan gambar peninggalan bersejarah
Hindu/Budha/Islam, peserta didik dapat menyebutkkan asal nama/ tokoh pembuat
peninggalan bersejarah tersebut.
|
6
|
Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan
serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta
|
Disajikan peta salah satu pulau di Indonesia,
peserta didik dapat menentukan wilayah
waktu provinsi yang ditunjuk anak panah.
|
7
|
||
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di
Indonesia
|
Disajikan gambar dan nama jenis makanan khas di
Indonesia, peserta didik dapat menentukan daerah asal makanan khas tersebut.
|
8
|
||
Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di
Indonesia
|
Disajikan tabel berbagai hasil kerajinan, peserta
didik dapat menyebutkan dua jenis hasil kerajinan kabupaten Jepara yang sudah
diekspor
|
9
|
||
4
|
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat
dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
|
Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
Disajikan gambar tokoh pejuang bangsa Indonesia
melawan Belanda, peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh tersebut.
|
10
|
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu
kerugian dengan berdirinya organisasi dagang belanda (VOC) bagi rakyat
Indonesia.
|
11
|
|||
Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam
mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
Disajikan tabel tokoh pejuang dalam mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menentukan peran/tugas tokoh
pejuang tersebut dalam mempersiapkan kemerdekaaan
|
12
|
||
Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam
memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
|
Disajikan beberapa gambar tokoh pejuang di
Indonesia, peserta didik dapat menentukan nama dan peran tokoh pejuang dalam mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia dengan tepat.
|
U2
|
||
Disajikan tabel pernyataan jasa-jasa/peran tokoh
pejuang dalam memproklamasikankemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat
menentukan jasa-jasa/ peran tokoh tersebut dengan tepat.
|
13
|
|||
Disajikan beberapa alternatif pilihan pernyataan
peran tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan, peserta didik dapat
menyebutkan salah satu alternatif yang bukan merupakan peran tokoh dalam
memproklamasikan kemerdekaan dengan tepat.
|
14
|
|||
Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam
mempertahankan kemerdekaan Indonesia
|
Disajikan tabel tokoh pejuang Bandung Lautan Api;
Pertempuran lima Hari di Semarang, Pertempuran Ambarawa; peserta didik dapat
menyebutkan peristiwa yang terjadi di daerah tersebut
|
15
|
||
Disajikan gambar tokoh pahlawan yang
mempertahankan kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan asal
daerah peristiwa tersebut terjadi
|
16
|
|||
5
|
Memahami perkembangan wilayah Indonesia, keadaan
sosial negara di Asia Tenggara serta benua-benua
|
Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi
wilayah Indonesia
|
Disajikan pasangan gubernur dan provinsinya,
peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat
|
17
|
Disajikan tabel nama kota dan provinsi siswa dapat
menentukan pasangan yang tepat
|
18
|
|||
Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial
Negara-negara tetangga
|
Disajikan tabel nama negara dan lagu kebangsaan,
peserta didik dapat menyebutkan dengan tepat
|
19
|
||
Disajikan beberapa mata uang di negara ASEAN,
peserta didik dapat menyebutkan negara tersebut
|
20
|
|||
Disajikan nama kepala negara salah satu negara di
ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan bentuk pemerintahan negara tersebut
|
21
|
|||
Disajikan salah satu gambar bendera negara ASEAN,
peserta didik dapat menentukan ikon (ciri khas kebangsaan negara) negara
tersebut
|
22
|
|||
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu nama
bandara Internasional di wilayah ASEAN
|
23
|
|||
Disajikan salah satu bentuk pemerintahan di negara
Asia timur, peserta didik dapat menyebutkan nama negara tersebut
|
24
|
|||
Disajikan beberapa pilihan nama negara yang
ditulis dengan susunan huruf terbalik, peserta didik dapat menyebutkan nama
ibukota salah satu negara di Asia Selatan
|
25
|
|||
Mengidentifikasi Benua Eropa
|
Disajikan peta wilayah di Eropa Barat, peserta
didik dapat menyebutkan teknologi unggulan negara yang ditunjuk
|
26
|
||
Mengidentifikasi Benua Afrika
|
Disajikan tabel rumpang tentang keajaiban dunia,
peserta didik dapat melengkapi tabel tersebut
|
U3
|
||
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu
tumbuhan khas di gurun pasir
|
27
|
|||
Peserta didik dapat menyebutkan batas wilayah
benua Afrika
|
28
|
|||
Mengidentifikasi Benua Amerika
|
Disajikan nama negara di Benua Amerika, peserta didik dapat
menyebutkan sungai terpanjang di negara tersebut
|
29
|
||
Mengidentifikasi Benua Australia
|
Peserta didik dapat menentukan binatang khas Australia
|
30
|
||
6
|
Mengenak gejala (peristiwa) alam yang terjadi di
Indonesia dan negara tetangga, serta dapat melakukan tindakan dalam
menghadapi bencana alam
|
Mendeskripsikan peristiwa alam yang terjadi di
Indonesia dan negara tetangga
|
Peserta didik dapat menyebutkan negara yang sering
dilanda gempa/tsunami/angin di negara tetangga
|
31
|
Disajikan beberapa pernyataan perilaku cara
mencegah bencana alam, pserta didik dapat menentukan cara pencegahan bencana
alam yang tepat
|
32
|
|||
Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian
gempa tektonik/ gempa vulkanik dengan benar
|
33
|
|||
Peserta didik dapat menyebutkan dua penyebab dari
pemanasan global (global warming)
|
U4
|
|||
Peserta didik dapat membedakan jenis-jenis hujan dengan
tepat
|
34
|
|||
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu dampak
penebangan hutan secara liar
|
35
|
|||
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat
menyebutkan penyebab banjir dengan tepat
|
36
|
|||
7
|
Memahami peranan Indonesia di era global
|
Menjelaskan peranan Indonesia di Era globalisasi
|
Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan
kerjasama bilateral dan multilateral
|
37
|
Peserta didik dapat menyebutkan dua pengaruh
negatif globalisasi di bidang teknologi informasi
|
U5
|
|||
Disajikan pernyataan beberapa latar belakang peruasahaan
asing yang menanamkan modal di Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan
alasan dengan tepat
|
38
|
|||
Mengenal manfaat eksport dan impor di Indonesia
sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
|
Disajikan beberapa pernyataan manfaat impor,
peserta didik dapat menentukan manfaat impor dengan tepat
|
39
|
||
Disajikan tabel barang-barang ekspor, peserta
didik dapat menentukan barang ekspor dengan tepat
|
40
|
ConversionConversion EmoticonEmoticon