KISI-KISI SOAL USBN IPS SD/MI TP.2017-2018

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH SD/MITAHUN PELAJARAN 20017/2018MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)


NO
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
KEMAMPUAN YANG DIUKUR
INDIKATOR
NO. SOAL
1
Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
Membaca peta lingkungan setempat (Kabupaten/Kota/Provinsi) dengan menggunakan symbol
Disajikan beberapa legenda dalam peta peserta didk dapat menentukan salah satu simbol gunung, jalan kereta api, atau batas provinsi.
1
Mengenal keragaman sosial budaya (Kabupaten/Kota/Provinsi)
Disajikan beberapa pernyataan terbuka berupa ciri-ciri budaya/adat istiadat/ pakaian/ nama lagu daerah, peserta didik dapat menyebutkan daerah asalnya.
2
2
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
Disajikan beberapa pilihan hasil sumber daya alam yang memiliki nilai ekspor tinggi, peserta didik dapat menyebutkan jenis sumber daya alam tersebut
3
Disajikan tabel hasil sisa pengolahan minyak bumi, peserta didik dapat menyebutkan salah satu bentuk hasil olahan minyak bumi tersebut.
4
Mengenal perkembangan  teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman penggunaannya
Disajikan gambar jenis produksi masa lalu dan teknologi modern, peserta didik dapat menyebutkan keunggulan salah satu teknologi tersebut.
5
Mengenal berbagai masalah sosial di daerahnya
Disajikan pernyataan tentang masalah sosial, peserta didik dapat menyebutkan dua dampak dari kemiskinan.
U1
3
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah berskala nasional Hindu, Budha, Islam di Indonesia
Disajikan gambar peninggalan bersejarah Hindu/Budha/Islam, peserta didik dapat menyebutkkan asal nama/ tokoh pembuat peninggalan bersejarah tersebut.
6
Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan  menggunakan peta
Disajikan peta salah satu pulau di Indonesia, peserta didik dapat menentukan  wilayah waktu provinsi yang ditunjuk anak panah.
7
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
Disajikan gambar dan nama jenis makanan khas di Indonesia, peserta didik dapat menentukan daerah asal makanan khas tersebut.
8
Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
Disajikan tabel berbagai hasil kerajinan, peserta didik dapat menyebutkan dua jenis hasil kerajinan kabupaten Jepara yang sudah diekspor
9
4
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
Disajikan gambar tokoh pejuang bangsa Indonesia melawan Belanda, peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh tersebut.
10
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu kerugian dengan berdirinya organisasi dagang belanda (VOC) bagi rakyat Indonesia.
11
Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
Disajikan tabel tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menentukan peran/tugas tokoh pejuang tersebut dalam mempersiapkan kemerdekaaan
12
Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
Disajikan beberapa gambar tokoh pejuang di Indonesia, peserta didik dapat menentukan nama dan  peran tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan tepat.
U2
Disajikan tabel pernyataan jasa-jasa/peran tokoh pejuang dalam memproklamasikankemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menentukan jasa-jasa/ peran tokoh tersebut dengan tepat.
13
Disajikan beberapa alternatif pilihan pernyataan peran tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan, peserta didik dapat menyebutkan salah satu alternatif yang bukan merupakan peran tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan tepat.
14
Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia
Disajikan tabel tokoh pejuang Bandung Lautan Api; Pertempuran lima Hari di Semarang, Pertempuran Ambarawa; peserta didik dapat menyebutkan peristiwa yang terjadi di daerah tersebut
15
Disajikan gambar tokoh pahlawan yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan asal daerah peristiwa tersebut terjadi
16
5
Memahami perkembangan wilayah Indonesia, keadaan sosial negara di Asia Tenggara serta benua-benua
Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
Disajikan pasangan gubernur dan provinsinya, peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat
17
Disajikan tabel nama kota dan provinsi siswa dapat menentukan pasangan yang tepat
18
Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara tetangga
Disajikan tabel nama negara dan lagu kebangsaan, peserta didik dapat menyebutkan dengan tepat
19
Disajikan beberapa mata uang di negara ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan negara tersebut
20

Disajikan nama kepala negara salah satu negara di ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan bentuk pemerintahan negara tersebut
21
Disajikan salah satu gambar bendera negara ASEAN, peserta didik dapat menentukan ikon (ciri khas kebangsaan negara) negara tersebut
22
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu nama bandara Internasional di wilayah ASEAN
23
Disajikan salah satu bentuk pemerintahan di negara Asia timur, peserta didik dapat menyebutkan nama negara tersebut
24
Disajikan beberapa pilihan nama negara yang ditulis dengan susunan huruf terbalik, peserta didik dapat menyebutkan nama ibukota salah satu negara di Asia Selatan
25
Mengidentifikasi Benua Eropa
Disajikan peta wilayah di Eropa Barat, peserta didik dapat menyebutkan teknologi unggulan negara yang ditunjuk
26
Mengidentifikasi Benua Afrika
Disajikan tabel rumpang tentang keajaiban dunia, peserta didik dapat melengkapi tabel tersebut
U3
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu tumbuhan khas di gurun pasir
27
Peserta didik dapat menyebutkan batas wilayah benua Afrika
28
Mengidentifikasi Benua Amerika
Disajikan nama  negara di Benua Amerika, peserta didik dapat menyebutkan sungai terpanjang di negara tersebut
29
Mengidentifikasi Benua Australia
Peserta didik dapat menentukan binatang khas Australia
30
6
Mengenak gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga, serta dapat melakukan tindakan dalam menghadapi bencana alam
Mendeskripsikan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
Peserta didik dapat menyebutkan negara yang sering dilanda gempa/tsunami/angin di negara tetangga
31
Disajikan beberapa pernyataan perilaku cara mencegah bencana alam, pserta didik dapat menentukan cara pencegahan bencana alam yang tepat
32
Peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian gempa tektonik/ gempa vulkanik dengan benar
33
Peserta didik dapat menyebutkan dua penyebab dari pemanasan global (global warming)
U4
Peserta didik dapat membedakan jenis-jenis hujan dengan tepat
34
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu dampak penebangan hutan secara liar
35
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan penyebab banjir dengan tepat
36
7
Memahami peranan Indonesia di era global
Menjelaskan peranan Indonesia di Era globalisasi
Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan kerjasama bilateral dan multilateral
37
Peserta didik dapat menyebutkan dua pengaruh negatif globalisasi di bidang teknologi informasi
U5
Disajikan pernyataan beberapa latar belakang peruasahaan asing yang menanamkan modal di Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan alasan dengan tepat
38
Mengenal manfaat eksport dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
Disajikan beberapa pernyataan manfaat impor, peserta didik dapat menentukan manfaat impor dengan tepat
39
Disajikan tabel barang-barang ekspor, peserta didik dapat menentukan barang ekspor dengan tepat
40



Previous
Next Post »